Menciptakan Kenyamanan Jangan Dikaitkan Dengan Program Adipura Saja

Kab. Bandung  (BR).- Menjelang penilaian Program Adipura di Kabupaten Bandung, Kasi Pengaturan dan Pengawasan di Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung (Dishub Kab. Bandung), Bangbang Suteja, Sabtu, 4/10, di lokasi Pasar Soreang, lebih diprioritaskan kebersihan, keindahan dan kenyamanan di seputar wilayah Pasar Soreang.
Bangbang berharap pada Program Adipura tahun 2017 ini Kabupaten Bandung bisa menang. Mengingat perkembangan dan kerja dari Panitia begitu gencar melakukan pembenahan. Seperti penyediaan tong sampah, pembersihan drainase, termasuk ketertiban pedagang saat membuang sampah. “Saat ini situasi di sekitar Pasar Soreang cukup kondusif dan sinergis. Begitu juga dengan ketertiban lalu lintas cukup lancar. Mudah-mudahan saja Kabupaten Bandung bisa menang,” kata Bangbang optimis.
Dari salah seorang pedagang, Jajang, penyelenggaraan penertiban dan kebersihan untuk menciptakan keindahan, kalau bisa jangan dilakukan hanya karena ingin menang Adipura saja. Bagusnya secara kontinyu dilakukan kegiatan tersebut. Dengan demikian akan tercipta shasana nyaman bagi semua lapisan masyarakat.
Begitu juga dengan Mae, dari Sadu, penyelenggaraan Program Adipura itu kalau bisa melibatkan lapisan masyarakat. Seperti Ketua RT dan RW setempat yang kemungkinan besar bisa membantu suksesnya kegiatan itu. “Tapi biasanya kebersamaan itu dikaitkan dengan jumlah anggaran tersedia. Apa lagi mereka masyarakat umum yang bukan pegawai Pemkab Bandung. Jadi mengenai anggaran peruntukkannya hanya sebatas panitia saja,” tutur Mae.
Hal senada dikeluhkan pula oleh Asep, penduduk Kutawaringin, penertiban guna menciptakan suasana nyaman dan kondusif kalau bisa jangan dikaitkan dengan sebuah program. Karena setelah program Adipura selesai berarti selesai pula pemkab bebenah lingkungan yang menjadi target penilaian adipura. Jadi tidak ada untungnya bagi masyarakat kalau semua kegiatan ini dilakukan hanya berdasarkan ingin menang saja.
“Kalau memang Pemkab Bandung peduli dengan keberadaan lingkungan Soreang. Alangkah baiknya dijadikan program kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan program lain yang komoetitif. Tapi jadikanlah sebuah program yang berorientasi untuk kenyamana bersama,” pungkas Asep. (KIA).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY