420 Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK-PNF) Ikuti Outbond

Kab Bandung  (BR).- Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan (Disdik) Kab Bandung, sebanyak 420 orang, mengikuti Jambore selama dua hari (Sabtu- Minggu /2-3/12) di eMTe Higland Resort Jl. Raya Ciwidey Rancabali KM 11 Kec. Rancabali Kab. Bandung.

Kegiatan tersebut diadakan Seksi Pendidikan Masyarakat ( Penmas) Bidang PNF Disdik Kab. Bandung bersama pengelola PKBM, Penilik dan para Tutor se- Kab. Bandung.

Ketua pelaksanan kegiatan yang juga Kasi Penmas dan Kesetaraan Disdik Drs. H. Tedi Priatna MM. Pd, menjelaskan, kegiatan Jambore Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Pendidikan Non Formal dikemas melalui kegiatan Outbond ini sebenarnya lebih mengarah memupuk rasa kebersamaan antara pengelola PKBM, penilik dan para tutor yang tersebar di 31 Kecamatan se- Kab. Bandung .

“Acara Outbond ini, kami sengaja adakan untuk seluruh pengelola PKBM, para penilik kesetaraan dan para tutor PKBM yang ada di Kab. Bandung , untuk memupuk rasa silahturahmi, kebersamaan dan sekalian memberikan refresh pikiran yang selama ini bekerja keras dalam menjalankan tugas di masing-masing tupoksinya,” kata H. Tedi

Kecerian di antara para peserta Outbond yang mengikuti permainan nampak tergambar sebuah kebahagiaan memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri, sehingga dapat memberikan efek positif bagi sejumlah peserta yang merupakan team work Penmas Kab. Bandung yang kompak dan profesional.

H. Tedi menjelaskan, tujuan pelaksanaan Outbond training dan Fun Game di antaranya mengetahui dan memahami adanya individual differences yaitu tiap individu adalah unik, mampu melakukan penilaian pada diri sendiri self assesment bahwa kekuatan diri ada pada tangan kita sendiri dan pada pilihan-pilihan kita, meningkatkan keterampilan komunikasi dan lainnya.

”Harapan saya, acara seperti ini bisa menjadi kegiatan rutin tahunan, sehingga semakin terpupuk rasa kekeluargaan yang harmonis antar semua peserta outbond, dengan penyegaran-penyegaran seperti ini, dapat meningkatkan kinerja esoknya saat kembali bertugas,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut turut diundang Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, Kadisdik Kab. Bandung DR. H. Juhana, Camat Rancabali, Camat Pasirjambu dan Kepala desa Patengan .

Salah seorang peserta ,H. Cecep Hidayat S.Sos, MT, saat di temui wartawan disela-sela kegitan mengaku dapat merasakan efek positif dalam kegiatan tersebut. Pasalnya, ia yakini seusai kegiatan in dilakukan, kerjasama dan koordinasi antar penilik, pengurus dan tutor bisa lebih terjalin.

“Saya sendiri sebagai peserta asal PKBM HIDAYAH Bojongsoang , berharap kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahun,” kata H. Cecep yang juga sebagai ketua PKBM Hidayah Bojongsoang.

Hal senada dikatakan Ketua PKBM Gentrawinaya Kec Pasirjambu Hj. Yeyet Nurhayati S.Pd. Pihaknya mengaku senang dan mengapresiasi langkah Kasi Penmas atau Disdik dimana dengan diadakan Jambore (PTK PNF) yang dikemas dengan kegiatan Outbond ini banyak hikmah yang didapat salah satunya memupuk rasa kekeluargaan dan mempererat tali silaturaturahmi antar pengelola PKBM, tutor dengan penilik di lapangan dan merencanakan pogram yang akan dikerjakan di tahun 2018 mendatang.

Kebanggaan lain pada kesempatan yang sama siswa didiknya dari PKBM Gentra winaya turut tampil. Kosidahan yg pemainnya adalah siswa Paket C tampil pada pembukaan Jambore tersebut yang di hadiri Bupati Bandung H. Dadang M. Naser.

Masih kata Hj. Yeyet, kegiatan Outbond ini banyak makna selain silaturajmi juga saling memberi informasi positif untuk kemajuan PKBM di Kab. Bandung. (Lily Setia darma)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY